10 Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses

Iklan 728x90

10 Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses

Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses

Apakah Anda bisa menjadi pengusaha sukses? Atau menjadi karyawan dengan karir gemilang? Meskipun sampai saat ini tidak ada rumus pasti untuk sukses, penelitian telah menunjukkan bahwa enterpreneur sukses memiliki 10 karakteristik ini. Periksa apakah Anda memiliki salah satu karakteristik berikut ini:

1. Berpikir Sukses

Untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan, Anda perlu mempunyai impian besar. Setiap kisah sukses dimulai dengan impian besar. Anda harus memiliki impian besar untuk diri Anda sendiri. Anda harus memiliki visi yang jelas tentang hal apa yang ingin Anda capai. Tapi bukan hanya sekedar bermimpi saja. Anda harus secara aktif memvisualisasikan kesuksesan dalam pikiran Anda, Anda harus bisa merasakannya, menyentuhnya, menjangkaunya. Visualisasikan hal ini disetiap kesempatan. Bagaimana rasanya memperoleh penghasilan 3 kali lipat dari gaji Anda sekarang, atau bagaimana rasanya memperoleh laba besar dari usaha yang Anda rintis, rasakan bagaimana hidup Anda menjadi berubah.

Pengusaha sukses memiliki sikap percaya bahwa Anda dapat memiliki apa yang Anda inginkan jika Anda dapat membayangkannya. Ahli-ahli kesuksesan telah mengajarkan bagaimana kekuatan visualisasi melihat diri Anda dalam pikiran Anda, memiliki apa yang ingin Anda capai. Jika Anda ingin menjadi penulis buku yang sukses, bayangkan diri Anda sedang menandatangani buku dengan kerumunan orang yang telah berbaris untuk memiliki tanda tangan Anda. Jika Anda ingin menjadi kaya, gambar diri Anda di lingkungan mewah memegang rekening bank yang banyak. Proses visualisasi harus menjadi aktifitas rutin, Anda perlu berpikir setiap saat bahwa Anda telah sukses (atau akan menjadi salah satunya). Mungkin tips ini bisa membantu Anda untuk memvisualisasikan tujuan atau impian Anda, saat Anda menaiki tangga, ucapkan dalam hati apa tujuan atau impian Anda, misal 'Saya ingin berhenti bekerja dan memiliki bisnis sendiri', ucapkan dan visualisasikan setiap Anda menaiki satu step anak tangga. Teknik ini akan memperkuat dan membuat tujuan atau mimpi Anda tetap segar dalam ingatan Anda.

2. Bersemangat Dalam Setiap Hal Yang Anda Lakukan

Anda memulai suatu usaha atau bisnis untuk mengubah sebagian atau seluruh kehidupan Anda. Untuk mencapai perubahan ini, Anda perlu semangat, gairah yang intens. Sukses akan datang dengan mudah jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan. Mengapa? Karena kita akan lebih semangat, lebih tak kenal lelah, dalam mengejar hal-hal yang kita sukai. Jika Anda membenci pekerjaan atau bisnis Anda, apakah Anda pikir Anda akan pernah sukses dalam bidang itu? Tidak akan pernah! Anda mungkin akan terbiasa dengan pekerjaan Anda, bahkan menjadi kompeten pada tugas yang Anda lakukan, tetapi Anda tidak akan pernah sukses besar dalam hal itu. Anda hanya akan mencapai kinerja puncak hanya jika Anda melakukan sesuatu yang menarik minat Anda. Pengusaha yang sukses faktanya tidak berkeberatan bekerja 15 atau 18 jam sehari untuk bisnis mereka karena mereka benar-benar mencintai apa yang mereka lakukan. Sukses dalam bisnis semua adalah tentang kesabaran dan kerja keras, yang hanya dapat dicapai jika Anda bersemangat dan mempunyai gairah dalam melakukan apa yang Anda lakukan.

3. Fokus Pada Kekuatan Anda

Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan. Agar efektif, Anda harus mengenali apa kekuatan Anda dan berkonsentrasi pada hal tersebut. Anda akan menjadi lebih sukses jika Anda mampu menyalurkan segala daya upaya Anda pada bidang dimana Anda menjadi yang terbaik disana. Dalam bisnis, misalnya, jika Anda tahu Anda memiliki naluri pemasaran atau marketing yang baik, maka memanfaatkan kekuatan ini dan memanfaatkan secara penuh. Cari bantuan pada bidang yang tidak Anda kuasai seperti misalnya akuntasi atau pembukuan. Untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan, pertimbangkan untuk belajar baik formal maupun autodidak.

4. Tidak Pernah Mempertimbangkan Kemungkinan Gagal

Ayn Rand, dalam novelnya The Fountainhead, menulis, 'It is not in the nature of man ' nor of any living entity, to start out by giving up, bukanlah sifat manusia atau setiap entitas kehidupan, untuk memulai dengan menyerah.' Sebagai pengusaha, Anda harus sepenuhnya percaya pada tujuan Anda, dan bahwa Anda dapat melakukannya. Anda harus memiliki kepercayaan yang kuat dalam setiap ide Anda, pada kemampuan Anda dan pada diri Anda sendiri. Semakin Anda dapat mengembangkan rasa percaya bahwa Anda mampu untuk mencapai tujuan Anda, semakin cepat Anda akan mencapainya. Namun, keyakinan Anda ini harus seimbang dengan risiko yang telah diperhitungkan yang perlu Anda ambil untuk mencapai hasil yang lebih besar. Pengusaha yang sukses adalah mereka yang mampu menganalisa dan meminimalkan resiko dalam mengejar keuntungan.

5. Rencanakan Dengan Baik

Anda memiliki visi, dan Anda percaya bahwa Anda dapat mencapai visi Anda. Tapi apakah Anda tahu bagaimana untuk sampai ke visi Anda? Untuk mencapai visi Anda, Anda harus memiliki tujuan yang konkret sebagai batu pijakan menuju visi utama Anda. Buat tujuan Anda secara tertulis, jangan hanya mengingat-ingat saja, wujudkan dalam tulisan. Anda perlu merencanakan setiap hari sedemikian rupa sehingga setiap tindakan Anda memberikan kontribusi dalam pencapaian visi Anda. Misalkan Anda bertujuan akan membuka cafe kopi, ada baiknya Anda datang ke Starbuck untuk membantu Anda mendapatkan konsep cafe seperti apa yang akan Anda buat. Berorientasi pada suatu tujuan adalah karakteristik dari setiap pengusaha yang sukses. Mereka mempunyai visi, dan mereka tahu bagaimana agar sampai ke sana. Kemampuan Anda untuk menetapkan tujuan dan membuat rencana untuk mewujudkan tujuan Anda adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses. Rencana, rencana dan rencana ' tanpa rencana dijamin gagal.

6. Bekerja keras! 

Setiap pengusaha sukses bekerja keras, keras dan keras. Tak seorang pun mencapai sukses hanya dengan duduk dan santai setiap hari. Brian Tracy menterjemahkannya seperti ini, 'Anda bekerja delapan jam per hari untuk bertahan hidup, jam ke sembilan, kesepuluh dan seterusnya adalah untuk sukses'. Tanyakan pada setiap pengusaha sukses dan mereka akan memberitahu Anda bahwa mereka harus bekerja lebih dari 60 jam per minggu di awal bisnis mereka. Jika Anda berada dalam tahap awal, Anda harus bekerja keras memberi nafas, makan dan minum bisnis Anda sampai akhirnya bisnis Anda bisa berdiri sendiri. Bekerja keras akan terasa mudah jika anda memiliki visi, tujuan yang jelas, dan bersemangat dengan apa yang Anda lakukan.

7. Terus Kembangkan Networking

Dalam bisnis, Anda dinilai oleh perusahaan Anda mulai dari tim manajemen Anda, dewan direksi, dan mitra strategis. Bisnis selalu membutuhkan bantuan, apalagi bisnis yang masih kecil. Adalah penting untuk membentuk aliansi dengan orang-orang yang dapat membantu Anda, dan dengan siapa yang dapat Anda bantu dikemudian hari. Untuk berhasil dalam bisnis, Anda perlu memiliki ketrampilan networking yang baik dan selalu waspada terhadap peluang untuk memperluas kontak Anda.

8. Kesediaan Untuk Belajar

Anda tidak perlu gelar MBA untuk sukses dalam bisnis Anda sendiri. Bahkan, ada banyak pengusaha yang bahkan tidak menyelesaikan bangku kuliah. Studi menunjukkan bahwa kebanyakan jutawan memiliki kecerdasan rata-rata. Namun demikian, orang-orang ini mampu mencapai tujuan mereka dan sukses karena mereka bersedia untuk belajar. Agar berhasil, Anda harus bersedia untuk bertanya, selalu penasaran, tertarik dan terbuka untuk pengetahuan baru. Kemauan untuk belajar menjadi lebih penting mengingat perubahan yang cepat dalam teknologi dan cara melakukan bisnis.

9. Tekun Dan Yakin

Tidak ada seorangpun yang mengatakan bahwa jalan menuju sukses itu mudah. Meskipun Anda sudah kerja keras, kadang Anda akan gagal. Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran bahkan tidak ada yang dapat menghentikan Anda.

10. Disiplin

Disiplin adalah kunci keberhasilan, Keberanian Anda untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan dan kemampuan untuk bangkit kembali setelah mengalami kekecewaan akan menjamin kesuksesan Anda. Ketekunan Anda merupakan ukuran dari sebuah keyakinan dalam diri Anda. Ingat, Thomas Huxley pernah berkata, "Lakukan apa yang harus Anda lakukan, ketika Anda harus melakukannya, entah Anda suka atau tidak". Disiplin diri adalah kunci keberhasilan. Melakukan apa yang orang lain tidak suka lakukan, bekerja ekstra, berjuang dan memenangkan pertempuran dengan diri Anda sendiri, mengalahkan rasa malas.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Iklan Tengah Post